Beranda | Artikel
Jangan Putus Asa dari Rahmat Allah
Rabu, 28 Agustus 2024

Bersama Pemateri :
Syaikh Abdurrazzaq bin Abdil Muhsin Al-Badr

Jangan Putus Asa dari Rahmat Allah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Hadits-Hadits Perbaikan Hati. Pembahasan ini disampaikan oleh Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr pada Senin, 21 Safar 1446 H / 26 Agustus 2024 M.

Kajian Islam Ilmiah Tentang Jangan Putus Asa dari Rahmat Allah

Dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, beliau mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Seandainya orang beriman mengetahui apa yang Allah siapkan dari hukuman, maka tidak seorang pun yang berharap untuk mendapatkan surga-Nya. Dan seandainya orang kafir mengetahui apa yang Allah siapkan dari rahmat dan kasih sayang-Nya, maka tidak akan ada seorang pun yang putus asa dari surga-Nya” (HR. Muslim).

Putus asa dan putus harapan dari rahmat Allah ‘Azza wa Jalla adalah sifat yang membinasakan. Syariat sangat mencela dan memperingatkan kita agar menjauhi dua sifat ini, karena keduanya sangat berbahaya apabila menguasai hati seseorang. Jika kedua sifat ini merasuki jiwa seseorang, dia akan menjadi orang yang sengsara dan celaka. Sebab, putus asa dan putus harapan termasuk dosa-dosa besar.

Allah Ta’ala berfirman:

… ۖ إِنَّهُ لَا يَيْأَسُ مِن رَّوْحِ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ 

“Sesungguhnya tidak berputus asa dari rahmat Allah kecuali orang yang kafir.” (QS. Yusuf[12]: 87)

Juga Allah berfirman:

 وَمَن يَقْنَطُ مِن رَّحْمَةِ رَبِّهِ إِلَّا الضَّالُّونَ

“Dan tidak berputus asa dari rahmat tuhannya kecuali orang yang tersesat.” (QS. Al-Hijr[15]: 56)

Sumber dari keputusasaan adalah kebodohan terhadap Allah ‘Azza wa Jalla dan ketidaktahuan terhadap kesempurnaan nama-nama dan sifat-sifat-Nya. Orang yang putus asa dari rahmat Allah tidak mengetahui bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Meliputi segala sesuatu, dan Maha Kuasa. Tidak ada sesuatu pun yang tidak mampu Allah lakukan di langit dan di bumi. Allah Maha Penerima taubat, Maha Pengasih, yang selalu membentangkan tangan-Nya di malam hari untuk menunggu taubatnya orang yang berbuat dosa di siang hari, dan membentangkan tangan-Nya di siang hari untuk menunggu taubat orang yang berbuat dosa di malam hari. Allah Maha Pemurah dan Maha Dermawan, tangan-Nya penuh dengan kebaikan yang tidak akan pernah habis, yang terus-menerus Allah karuniakan kepada hamba-hamba-Nya siang dan malam. Allah Maha Pengampun, tidak ada dosa sebesar apapun yang tidak mungkin diampuni oleh Allah. Allah Maha Pemalu dan Maha Baik; Allah malu kepada hamba yang mengangkat kedua tangannya kemudian Ia kembalikan dalam keadaan tangan kosong.

Nama-nama Allah yang indah dan sifat-sifat-Nya yang sangat luhur yang mengharuskan kita memurnikan ibadah hanya kepada-Nya dan yakin terhadap kebaikan Allah ‘Azza wa Jalla. Kita harus selalu bersandar, bertawakal hanya kepada Allah, tamak akan kebaikan-kebaikan dan ampunan-Nya. Janganlah kita putus asa dan putus harapan, karena Allah Tabaraka wa Ta’ala berkata dalam Hadits Qudsi:

أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي

“Sesungguhnya Aku berada di atas persangkaan hamba-Ku terhadap-Ku.”

Dalam hadits lain, Allah berfirman:

 يَاعِبَادِي كُلُّكُمْ ضَالٌّ إِلاَّ مَنْ هَدَيْتُهُ فَاسْتَهْدُونِي أَهْدِكُمْ, يَاعِبَادِي كُلُّكُمْ جَائِعٌ إِلاَّ مَنْ أَطْعَمْتُهُ فَاسْتَطْعِمُونِي أُطْعِمْكُمْ, يَاعِبَادِي كُلُّكُمْ عَار إِلاَّ مَنْ كَسَوْتُهُ فَاسْتَكْسُونِي أَكْسُكُمْ, يَاعِبَادِي إِنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيْعًا فَاسْتَغْفِرُونِي أَغْفِرْ لَكُمْ

“Wahai hamba-hamba-Ku, kalian semua tersesat, kecuali yang Aku beri petunjuk. Maka mintalah petunjuk kepada-Ku, Aku akan memberi petunjuk kepada kalian. Wahai hamba-hamba-Ku, kalian semua lapar, kecuali yang Aku beri makan. Maka mintalah makanan kepada-Ku, Aku akan memberi kepada kalian. Wahai hamba-hamba-Ku, kalian semua tidak memakai pakaian, kecuali yang Aku beri pakaian. Maka mintalah pakaian kepada-Ku, Aku akan memberi pakaian kepada kalian. Wahai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya kalian berbuat dosa siang dan malam, dan Aku mengampuni semua dosa. Maka mintalah ampun kepada-Ku, Aku akan mengampuni kalian.”

Lihat: Hadits Arbain ke 24 – Allah Mengharamkan Kedzaliman

يَا ابْنَ آدَمَ! إِنَّكَ مَا دَعَوتَنِي وَرَجَوْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ مِنْكَ وَلَا أُبَالِي. يَا ابْنَ آدَمَ! لَو بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ. يَا ابْنَ آدَمَ! إِنَّكَ لَو أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيْتَنِي لاَ تُشْرِكُ بِي شَيْئاً لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً

“Wahai anak Adam, sesungguhnya selama engkau berdoa dan berharap kepada-Ku, maka Aku akan ampuni dosa-dosa kalian sebanyak apapun itu dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, kalau seandainya dosa-dosa kalian setinggi langit kemudian kalian meminta ampun kepadaKu niscaya Aku akan mengampuni dosa-dosa itu untukmu. Wahai anak Adam, kalau seandainya kalian datang kepada-Ku dengan sepenuh bumi dosa kemudian engkau datang kepada-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan Aku dengan sesuatupun, maka Aku akan membawa sebanyak itu pula ampunan.” (HR. Tirmidzi)

Maka untuk apa putus asa dan putus harapan dari rahmat Allah, sedangkan Allah Tabaraka wa Ta’ala mengatakan:

…وَرَحْمَتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ…

“Sesungguhnya rahmat-Ku meliputi segala sesuatu.” (QS. Al-A’raf[7]: 156)

Barangsiapa yang menyadari bahwa segala perkara berada di tangan Allah Subhanahu wa Ta’ala, di bawah kendali Allah Jalla fi ‘Ula, dan bahwasanya semua akan berjalan sesuai dengan takdir dan keputusan-Nya, maka apa yang Allah kehendaki pasti terjadi, dan apa yang tidak Allah kehendaki tidak akan terjadi. Apa yang menimpa seorang hamba tidak akan meleset darinya, dan apa yang meleset darinya tidak akan menimpanya. Apabila seseorang beriman dengan hal tersebut, hatinya akan tenang, tidak goncang, dan menjadi tentram. Kegoncangan hati tidak akan mengubah sesuatu yang telah ditakdirkan, dan kekesalan tidak akan mendatangkan perkara yang tidak ditakdirkan. Orang yang goncang, kesal, dan sedih hanya akan menambah kesedihannya, merusak hatinya, mengurangi keimanannya, dan melemahkan hubungannya dengan Allah ‘Azza wa Jalla.

Di antara doa yang diajarkan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ketika seseorang merasa sedih, kecewa, atau galau, doa ini akan mengembalikan seseorang pada kondisi yang baik, yaitu doa yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari sahabat Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu. Beliau berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، ابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِـيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِـيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِي، وَنُوْرَ صَدْرِي، وَجَلاَءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي

“Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak hamba-Mu, anak hamba perempuan-Mu. Ubun-ubunku berada di tangan-Mu. Keputusan-Mu berlaku padaku, takdir-Mu adil padaku. Aku memohon kepada-Mu dengan semua nama yang Engkau namakan diri-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada salah satu makhluk-Mu, atau yang Engkau rahasiakan dalam ilmu gaib di sisi-Mu. Jadikanlah Al-Qur’an sebagai penyejuk hatiku, cahaya bagi dadaku, penghilang kesedihanku, dan pengusir kegalauanku.”

Tidaklah seseorang merasa sedih kemudian berdoa dengan doa ini, kecuali Allah akan mengusir kesedihan dan kegalauannya, serta menggantikan dengan kebahagiaan. Ketika Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ditanya, “Tidakkah kami perlu mempelajarinya?” Beliau menjawab, “Tentu, setiap orang yang mendengarnya seharusnya mempelajarinya, menghafalkannya, dan mengamalkannya.” (HR. Ahmad)

Barangsiapa yang merasa putus asa karena banyaknya dosa dan seringnya berbuat maksiat, hendaklah memperhatikan firman Allah:

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِن رَّحْمَةِ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يَغْفِرُ ٱلذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ

“Katakanlah: ‘Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.`” (QS. Az-Zumar [39]: 53).

Ini adalah ayat yang memberi harapan besar. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak pernah merasa berat untuk mengampuni dosa sebesar apapun. Dan tidak ada hajat dan kebutuhan yang tidak mampu Allah penuhi, karena Allah adalah Dzat yang paling Pemurah, yang paling luas karunia-Nya, yang paling Maha Penyayang, dan yang paling Dermawan untuk dimintai apa pun. Allah ‘Azza wa Jalla adalah Yang paling mulia dan mampu mencukupi siapa saja yang bersandar dan bertawakal kepada-Nya. Dia lebih sayang kepada hamba-Nya daripada seorang ibu kepada anaknya.

Maka, diantara definisi atau makna dari kata “الرجاء (berharap)” adalah kita melihat kepada rahmat Allah ‘Azza wa Jalla.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 yang penuh manfaat ini.

Downlod MP3 Ceramah Agama Tentang Jangan Putus Asa dari Rahmat Allah


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/54421-jangan-putus-asa-dari-rahmat-allah/